Your Never Ngeblog Alone

Your /Load
Slashload.net (kini) adalah blog personal dari #alvr belum ada more-nya...

Facebook, Italian, Iyeth Bustami, Melayu, dan Malaysia

Wednesday, April 13


Malam ini ketika lagi asik baca-baca status teman di facebook saya menemukan hal aneh di beranda facebook saya. Sebuah klaim akan produk seni bangsa indonesia kembali dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, sedih rasanya melihat karya seni nusantara dikenal sebagai karya seni negara lain, apalagi kalau malaysia yang aku~aku.

Namun di artikel saya ini tidak ada suatu hal yang diklaim oleh Malaysia, melainkan "klaim" teman facebook saya yang merupakan photographer asal italia yang telah lama tinggal dan cukup mengenal Indonesia.

Photographer Italia yang menjadi teman saya di facebook ini telah lama tinggal di indonesia, ia juga menikahi seorang wanita pribumi indonesia dan alhamdulillah menjadi muallaf, jadi wajar saja kan kalau dia jadi suka dengan lagu indonesia, lagu melayu, dan orang indonesia.



Dari image yang saya tampilkan itu bisa diliat kan kalau dia memberi tautan video youtube dari iyeth bustami yang berjudul tulus cintaku di facebook, namun bukan videonya yang membuat saya bingung dan heran tapi  tanggapan si agan bule ini yang berkata "BEST SONG OF THE DAY... From malaysia", hoalah ala makjang.

Sebelum membahas lebih jauh ayo kita peras sedikit "masalah" ini supaya apa yang saya tulis ini tidak menjadi berita di media terkait "klaim malaysia atas budaya indonesia", dimulai dari sedikiti ulasan tentang Iyeth Bustami.

  • Siapa sih Iyeth bustami ?
Konsisten di jalur musik melayu (bukan lagu malaysia), Penyanyi ini berasal dari Riau yang merupakan  provinsi dari Indonesia, Riau yang berada di pulau Sumatera masuk dalam kategori ras Melayu.

  • Lagu
Tulus hatiku adalah sebuah lagu indonesia bergenre lagu melayu (bukan lagu malaysia)  yang diciptakan oleh Iyeth Bustami sendiri, pastinya dengan asumsi saya sebagai orang awam bahwa lagu ini adalah lagu yang berasal dari Indonesia, jadi tak ada hak malaysia mengakuinya walau ini adalah lagu melayu.

Belakangan ini kita sering menyaksikan konflik yang timbul antara indonesia dan malaysia berkaitan hal "klaim mengklaim" seni dan budaya, contohnya malaysia mengklaim kalau rendang adalah produk mereka, nyatanya rendang aslinya dari minangkabau (indonesia).


Oleh karena itu, Apa yang terjadi dengan teman bule saya yang satu ini pastinya harus menjadi pembelajaran buat kita semua, agar bisa lebih bijak menanggapi setiap klaim dari orang lain dan juga klaim dari negeri jiran malaysia.


Iyeth Bustami ~ tulus hatiku

Saya merasa wajar jika bule italia ini berasumsi demikian karena memang Iyeth bustami menyanyikan sebuah lagu melayu yang sangat kental, dan melayu lebih dikenal orang-orang asing sebagai Malaysia.

Oleh karena itu, mari kita lestarikan dengan memperkenalkan budaya kita sendiri, khususnya melayu indonesia jikalau kita tidak ingin "lagu iyeth bustami" lainnya diklaim oleh bangsa/ oknum lain.

Update, 
Akhirnya setelah saya coba koreksi dengan memberi penjelasan kalau Iyeth bustami dan lagu tulus cintaku itu berasal dari indonesia (bukan lagu malaysia) mr.italian ini pun akhirnya mengerti.

Nah sob, mungkin ini adalah suatu bukti kalau masih banyak orang asing yang kurang mengenal indonesia dan budayanya, sampai-sampai tidak bisa membedakan indonesia dan malaysia dalam hal melayu.

Semoga bermanfaat, infonya sampai disini semoga bisa menginspirasi sobat membuat lagu melayu #heheheh


6 comments:

se-masa said...

itu salah kita juga sob,,film-film di indonesia jarang yang menampilkan budaya melayu riau atau budaya papua,, atau dayak,, kebanyakan budaya jawa saja,,sehingga orang mengenalnya indonesia ini jawa,,padahal ndonesia ini kaya akan budayanya,,bukan saya benci salah satu suku,,kakek saya juga orang jawa,,tapi supaya ngak di klaim budya kita, skali-kali tampilkan film yang berbau melayu/minang/sunda/batak dll..agar indonesia dikenal dunia dengan berbagai macam budayanya.....Hidup indonesiaku..

istiqlal said...

payah dasar malingsia

dhanee said...

jangan sampe jadi diklaim malaysia.

haqie said...

Parah tuh... gak tau malu

jeng blogii said...

namanya juga malaysia. udah ga aneh kalo beginian mah. haha

Unknown said...

Semua karna jawa

Post a Comment

Untuk sobat, komentar sobat akan langsung terlihat. Tinggalkan komentar sobat, saya akan mengunjungi sobat kembali melalui link jejak yang sobat tinggalkan. Jangan meninggalkan komentar spam yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas, saya akan menghapus setiap komentar yang saya anggap sebagai spamming. Silahkan tinggalkan anchor text asal bukan mengarah ke situs porno, judi, atau web-blog yang bukan sobat miliki, sukses dan terima kasih You'll never ngeblog alone !