Your Never Ngeblog Alone

Your /Load
Slashload.net (kini) adalah blog personal dari #alvr belum ada more-nya...

6 tips untuk ide tulisan artikel di blog

Thursday, April 14


ideaTulisan blog adalah nyawa dari sebuah blog, agar blog tetap hidup pastinya harus ada artikel untuk mengisi halaman-halaman blog kita. Tapi terkadang ide untuk blogging susah banget nyampenya.

Berputar-putar dan browsing di berbagai belahan dunia maya akhirnya saya tertarik untuk berbagi ide buat blog, Nah saya disini mencoba berbagi pendapat pribadi tentang ide tulisan buat ngeblog di blog sobat, silahkan melototin ... :D




1. Situs atau Forum Pertemanan ~ Jejaring Sosial

Facebook, twitter, friendster, dan kaskus  adalah tempat nongkrong yang paling sesak di dunia luna maya. Di tongkrongan inilah berjuta-juta informasi mulai dari yang penting sampai nggak penting tersebar dan di sebar oleh ratusan juta netters.

social network websiteSaya sendiri pernah membuat sebuah postingan yang idenya bersumber dari facebook tentang iyeth bustami dan klaim teman bule saya, banyak hal yang bisa menginspirasi sobat untuk membuat sebuah artikel unik di blog. mulai dari status facebook yang sedang HOT, tweet-an twitter yang sedang TREND, atau topik kaskus yang sedang HOT TRIT.

Ide artikel untuk blog yang berasal dari situs jejaring sosial tentunya akan melatih kita untuk membuat sebuah "content" yang unik dan original, dan pastinya sebuah tulisan original yang berasal dari ide sobat sendiri lebih berharga kan daripada ribuan "content" copy dan paste, semoga terinspirasi.

2. Peristiwa Kemarin dan Hari ini di sekitar sobat.

Manusia adalah makhluk sosial dan situs jejaring sosial yang banyak menjaring makhluk-makhluk sosial adalah facebook,ketika sobat melogout facebook sobat dan mulai pergi beraktifitas entah bekerja, sekolah, kuliah atau kelayapan pastinya "mungkin" akan menemukan sebuah peristiwa unik sampai yang aneh.

amazingKaskus contohnya, banyak thread-thread yang muncul dari kejadian yang dialami oleh sang kaskuser sendiri, mulai dari kecopetan sehingga si TS (thread starter) sharing tentang cara mengantipasi copet, kecelakaan lalu lintas yang sempat diabadikan sang starter dalam format JPEG sehingga masuk forum DP (disturbing picture a.k.a belepetan), atau mungkin kejadian romantis melihat sepasang kekasih yang sedang dimabuk asmara berantem di tengah jalan.

Nah, setiap manusia pasti akan mengalami peristiwa-peristiwa unik di sepanjang hidupnya, dan jika sobat menemukan "yang aneh" itu untuk ide tulisan buat blog di hari itu, segera tuliskan di blog sobat secepatnya, kalau enggak sempat boleh direkam di memori sobat dan diikat dalam secarik catatan. Sebuah content unik dan menarik akan sobat bagikan di blog sobat, semoga terinspirasi.

3. Rewrite artikel di blog atau website tersangka.

blogging
Ingat ! Tulis ulang dan jangan melakukan 100% copy paste, kebanyakan blogger menjadi 'bosan ngeblog" dan meninggalkan dunia per blogging an karena tidak kreatif dalam mengisi blognya sendiri. membagikan informasi dari blog lain sah-sah saja asalkan kita memberi "kredit" kepada si penulis asli content itu, namun jikalau tidak tahu siapa sih "otak" dari artikel itu saya berpikir lebih baik untuk me rewrite -nya.


4. Tokoh yang menginspirasi
Setiap manusia mempunyai seseorang yang menjadi idolanya,  inilah saatnya sobat "menelanjangi" idola sobat.

Karya dan perjalanan hidup sang idola pastinya akan membuat sobat terinspirasi untuk membuat sebuah tulisan di blog, saya sendiri mengidolai grup musik " MUSE " " OASIS " dan " Radiohead " dari segi musik. dan saya akan membuat artikel unik dan original untuk idola saya itu, siapa idola sobat ? Segera telanjangi dia di blog sobat.

radiohead

5. Hobi 
Kupas tuntas hobi sobat di sebuah blog.

Pecinta hamster mungkin mengenal - hobbyfarlet - , si pecinta hamster ini mengulas tuntas akan hobi hamsternya di sebuah blog.
hobby
Pernah nggak sobat bertemu seseorang yang mempunyai hobi yang sama ?, pastinya nggak akan garing ketika ngobrol dan nggak akan ada habisnya  bahan obrolan walau berjuta-juta kali ketemu. Saya mengalaminya dengan seorang teman smk saya dulu, sama-sama hobi blogging dan segala sesuatu yang berbau dollar dan internet membuat kami akrab dan tak pernah bosan kalau ketemu.

Begitu juga hobi dan blog, saya yakin seorang yang mengupas hobi di blognya tidak akan "cepat" kehabisan semangat buat mengupdate blognya karena ide-ide segar akan mengalir dalam sebuah content karena hobi.
Apalagi jikalau blogging telah menjadi sebuah HOBI, saya yakin sobat akan kelimpungan jika 1 hari nggak ngeblog, sama seperti anak kecil yang kehilangan ibunya di pasar. resah dan gelisah hehehe.

6. Pendapat Pribadi
Ini adalah senjata pamungkas blog/ web dalam kategori "personal blog", tipe-tipe seperti ini biasa saya temukan di wordpress

bloggingJujur saya pribadi menyukai ulasan tentang pendapat pribadi karena setiap manusia mempunyai sisi pandang yang berbeda, namun biasanya orang indonesia masih tidak nyaman, malu, dan kurang berani untuk menampakkan pandangannya akan suatu hal secara terbuka di alam bebas (dunia maya).

Oleh karena itu janganlah  menjadi pemalu ketika anda menjadi seorang blogger, anda akan dikenal ketika tulisan anda sudah dipublish dan dibaca orang. Ketika anda masih mengetik pendapat anda jangan pedulikan apa kata orang, namun kita harus tetap mengedepankan sikap toleransi dan jangan terlalu menyerang. berbahasalah dengan baik dan sopan makan orang lain akan menanggapinya dengan baik dan sopan, karena bebas tetap ada batasnya.

Nah 6 tips untuk ide tulisan artikel di blog ini moga bermanfaat dan bikin kita semangat update postingan, selamat malam dan salam olahraga.

Original Content dari Alvarie Ananda, diketik dan diedit dalam 3 jam sebelum dipublish, silahkan menikmati semoga menarik, enak dibaca, dan bermanfaat. keep post ; D

5 comments:

MbahDoyok said...

iya mas :D
menag betul sekali :D
ide ide di atas bisa jadi bahan referensai
sebenernya kita bisa dgn mudah menemukan ide postingan dr sekitar kita

sukses ngeblog masss

Rachmad said...

wow..betul mas ..kejadian2 di sekitar kita sekecil apapun bisa jadi bahaan refernsi membuat ebuah tulisan...

sukseess untuk mas bro dan komentar yang diatas ane..

idiotheism said...

@Mas Doyok
thx mas, agan dan blognya menjadi referensi ngeblog saya lo.... :D

@Rachmad a.k.a Gorengan
betul ~~~, ayo gan terus semangat dan keep post ... :D

Rachmad said...

Keep post...keep blogwalking....

obinhut said...

Assalamualaikum bung, biasany ide kadang datang tak diundang, ngilangnya juga biasanya tanpa pamitan, sulit juga menemukan sesuatu yang benar2 baru...!

Post a Comment

Untuk sobat, komentar sobat akan langsung terlihat. Tinggalkan komentar sobat, saya akan mengunjungi sobat kembali melalui link jejak yang sobat tinggalkan. Jangan meninggalkan komentar spam yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas, saya akan menghapus setiap komentar yang saya anggap sebagai spamming. Silahkan tinggalkan anchor text asal bukan mengarah ke situs porno, judi, atau web-blog yang bukan sobat miliki, sukses dan terima kasih You'll never ngeblog alone !