Your Never Ngeblog Alone

Your /Load
Slashload.net (kini) adalah blog personal dari #alvr belum ada more-nya...

Blogwalking, tata krama, peraturan, dan apa itu blogwalking?

Sunday, March 27

Blogwalking adalah suatu "istilah" yang populer di kalangan blogger kawasan "ASEAN" khususnya blogger dari Indonesia, malaysia dan filipina. Tehnik untuk menaikkan traffik blog dengan cara saling mengunjungi dan memberikan komentar sambil meninggalkan link balik (backlink) ini merupakan cara yang paling efektif untuk menaikkan rank dan trafik suatu suatu blog. 

Dengan blogwalking, blogger dapat belajar "membandingkan" blognya dengan blog milik blogger lain, mulai dari isi artikel, kecepatan loading situs, navigasi situs, dan juga tentunya info pengetahuan terbaru yang pastinya berbeda-beda disetiap blog.

Blogger Indonesia sendiri khususnya banyak menggunakan layanan shoutmix dan cBox, dua layanan ini sangat amat populer karena hampir setiap blog yang berasal dari indonesia (khususnya) memasang widget ini.

Blogwalking juga dapat meningkatkan "pamor" dari artikel yang kita buat, karena dari setiap klik pengunjung ke sebuah artikel akan menaikkan "kualitas' dari artikel tersebut di search engine. Hal inilah yang saya harapkan dari pada blogger indonesia agar meninggalkan jejaknya pada setiap blog artikel dengan komentar yang bermanfaat dan tentunya link yang ditinggalkan tepat agar si "empunya" blog bisa mengunjungi si komentator kembali. 

Blogwalking -pun mempunyai maksud yang bermacam-macam diantara setiap blogger, ada yang berniat untuk memperluas network, mempopulerkan blognya, mendapatkan followers, spamming, dan juga harapan mendapatkan klik iklan gratis dari sesama blogger, shoutmix dan cbox adalah widget pamungkas  yang dulu pernah saya gunakan untuk mencari klik sehingga mendapatkan penghasilan $.10 perhari.

Manfaat blogwalking, terselubung dan pelan-pelan namun pasti.
  • Ketika meninggalkan pesan/ komentar pada saat blogwalking itu memungkinkan untuk meningkatkan pengunjung/ traffik pada blog kita.
  • Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita karena blogwalking, maka traffik blog pun akan meningkat (biasanya tergantung dari kualitas "blogwalking" yang kita lakukan)
  • Semakin ramai traffik blog kita, maka kemungkinan kita "di link" oleh blog lainpun terbuka (inlink)
  • Semakin banyak "inlinks" yang kita dapat, maka normalnya blog page rank dari google atau alexa pun akan naik.
  • Dan dengan makin terkenalnya blog kita dikalangan blogger dan google , maka otomatis "search engine's" akan mulai rajin menampilkan artikel blog kita di halaman pertamanya sesuai dengan keyword yang dicari (Hmm, ilmu SEO disini berlaku nggak ya ?).
Dan semua kembali lagi dengan meningkatnya pengunjung blog sobat, blogwalking mempunyai banyak manfaat, banyak metode, tapi pastinya kegiatan ini haruslah diikuti dengan peraturan dan tata krama blogwalking.

Beberapa "kebiasaan" peraturan/ tata krama yang saya lakukan saat blogwalking.
  • Meninggalkan komentar di "shoutmix atau cbox" blog yang saya kunjungi.
  • Meninggalkan komentar BERMANFAAT di minimal artikel terbaru atau yang menarik bagi saya (don't spam).
  • Mem- follow blog itu apabila sesuai dengan "kriteria" saya, namun apabila sobat blogger yang lain telah mem-follow saya terlebih dahulu maka dengan senang hati saya akan "follow back" kembali.
  • Apabila ada iklan, maka saya akan dengan senang hati dengan mengklik minimal 1 klik, karena saya percaya dengan berbuat baik kita akan mendapatkan banyak hal baik juga.
Beberapa hal yang saya tidak suka dalam blogwalking.
  • Meninggalkan komentar yang OOT (Out Of Topic) dari sebuah posting artikel.
  • Hanya berkomentar simple seperti "nice share", "good article", "artikel keren gan !", saya sangat tidak menyukai tipe blogger yang berkomentar seperti itu dan saya menganggap hal itu semacam "spamming".

Saatnya saya istirahat sejenak, karena masih pemula mempelajari cara menulis dan "tata-krama" penulisan sebuah artikel. Semoga bermanfaat apa yang saya share tentang "blogwalking, tata krama, peraturan, dan apa itu blogwalking?". Apabila ada yang salah dengan tulisan saya bolehlah sobat memberitahu saya dengan berkomentar di artikel ini sehingga saya bisa cepat memperbaikinya. Semangat NgeBlog, Blogwalking Jalan terrrrrrrrrrrrrrrrrruuuuussss !.

13 comments:

Adis Production BALI said...

Blogwalking memang salah satu trik yang paling ampuh untuk meningkatkan traffik dan PR.. dan banyak hal yang dapat ketika melakukan blogwalking.. keep blogging and blogwalking! hehe

idiotheism said...

@Adis Production BALI
yups gan, blogwalking memang "khas" thx kunjungannya.

PaUx Blog said...

Mantap ulasannya gan bro, ane sekarang lagi blogwalk ke blog2 tetanggan ... salam dari newbie :D

Anonymous said...

subhanallah... artikelnya bagus sekali... dari antum, sya bisa belajar bagaimana tata-cara yg baik ketika blogwakling (alhmadulillah..., sy masih bisa menjalani)...

btw busway, selagi komentar, sy mo promosikan bisnis online. coba dibuka saja. moga tertarik http://www.asetmandiri.com/?id=rohadi10

dan insya Allah bermanfaat...

SUkses selalu ya...

Salam blogger

idiotheism said...

@Catatan Kecilku makasih banget komentarnya gan ... :D sukses juga usaha aset mandirinya .

govin said...

thx gan atas informasinya...

Memang benar apa yang agan ulas tadi,bahwa rajin2 blogwalking itu sangat banyak manfaatnya apalagi di dalam menaikkan traffic blog sobat...
Alexa blog saya turun akibat tidak pernah blogwalking lagi...
Kini saya sadar bahwa saya telah melakukan kesalahan fatal

Terima kasih

govin said...

oh iya mas...
Saya dh follow nie...
Jika anda sudi,berkunjung dan follow blog saya mas...

anomus said...

makasih mas infonya..... ^_^

anjozggh said...

tengkyu mas infonya ,,
mampir yo mas ..
http://drganjoz.blogspot.com/

Mifta said...

apakah blogwalking masih meningkatkan posisi blog di mesin pencari sejak adanya Google Panda?

Yuyut Wahyudi said...

Oke deh kalo memang blogwalking dan meninggalkan komentar itu bermanfaat maka saya berniat meninggalkan komentar di sini sembari silaturahmi

Asjan said...

Salam... Ternyata, walaupun dunia maya, tapi etika tetap harus dijunjung tinggi.
mampir ya, gan ..
http://parapencariinspirasi.blogspot.com/

Unknown said...

waaah gan sangat bermanfaat postingan yg agan share ini, sangat membantui saya dan juga banyak blogger yg lainnya, terimakasih sharing ilmunya ya gan :)

Post a Comment

Untuk sobat, komentar sobat akan langsung terlihat. Tinggalkan komentar sobat, saya akan mengunjungi sobat kembali melalui link jejak yang sobat tinggalkan. Jangan meninggalkan komentar spam yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas, saya akan menghapus setiap komentar yang saya anggap sebagai spamming. Silahkan tinggalkan anchor text asal bukan mengarah ke situs porno, judi, atau web-blog yang bukan sobat miliki, sukses dan terima kasih You'll never ngeblog alone !